Translate

Rabu, 28 Februari 2018

Indahnya Kebersamaan

Beberapa tahun terakhir ini di tempat bekerja, sering melakukan acara bersama dengan keluarga walaupun hanya sekedar makan. Anak anak suami dan Istri pun senang bisa saling mengenal dengan anggota keluarga teman.   Jika terjadi sesuatu diluar kantor kita bisa saling membantu dan mengetahui  tempat tinggalnya.

Kita sadari bahwa kehidupan kita di dunia kerja lebih lama dari kehidupan kita di rumah. Bayangkan kita meninggalkan rumah dari Jam 07.00 WIB sampai dirumah 17.00 Wib bahkan kadang lebih, hari Senin sampai Jumat. Kita dirumah dengan keluarga hanya 2 jam diwaktu pagi dan sekitar 3 jam itu saja di gunakan untuk menyelesaikan pekerjaan lain bahkan ada yang membawa pekerjaan kantor ke rumah selebihnya untuk istirahat atau tidur serta hari libur sabtu dan minggu. Untuk teman teman yang tinggal di sekitar ibu kota lebih pendek lagi waktu bertemu dengan keluarga.

Pada saat anak anak masih kecil gunakanlah waktu semaksimal mungkin untuk bersama sama mereka, karena jika sudah besar kita akan kehilangan momen bersama.  Saya pun juga belum bisa mengoptimalkan waktu untuk anak anak saya. Tetapi sekarang sudah mulai terasa semenjak anak saya masuk SMA, susah untuk di ajak bersama sama lagi walaupun hanya sekedar makan keluar.  Anak anak yang mulai tumbuh dewasa mempunyai kesibukan sendiri  sehingga harus ada planing sebelumnya untuk menyamakan jadwal. Kadang mereka memilih bersama dengan teman temanya jika kita ajak untuk acara keluarga.

Dulu ada pepatah jawa yang mengatakan bahwa mangan ra mangan sing penting ngumpul. Itu menggambarkan bahwa orang tua jaman daluhu menginginkan anak anaknya tidak boleh pergi jauh, takut kesepian. Sekarang bolehlah diubah pepatahnya bahwa mangan ra mangan sing penting piknik. Piknik identik dengan jalan jalan uangnya banyak karena itu juga kebutuhan tersier.

Piknik bagi saya sederhana tidak harus mahal yang penting bersama sama menghilangkan kepenatan dan rutinitas, yang penting bisa menikmati, sekedar keluar rumah makan bersama, berolahraga sepeda bersama sama,  berenang, mancing, melihat pemandangan ke sawah, pegunungan dan lain lain sesuai kemampuan masing masing.

Pada akhir tahun 2017 kami melakukan wisata ke Kebumen Jawa Tengah. Dengan peserta sejumlah 4 keluarga karena teman yang lainnya tidak bisa, ada kegiatan dengan lainnya. Asyik sekali sekedar refresing bisa melepaskan rutinitas dan saling silaturahmi dengan anggota keluarga.

#PerempuanBPSMenulis
#MenulisAsyikdanBahagia
#15HariBercerita
#Harike15

Tidak ada komentar:

Posting Komentar