Translate

Senin, 19 Februari 2018

Seminar Menulis Bersama Pak Iswadi BPS

Minggu 28 Januari 2018, aku luangkan waktu untuk  menyimak seminar wag  yang diagendakan oleh GrupBPSMenulis dengan Ketua  Mbak Nurin Aistikmalia. Sebelumnya saya ucapkan terimakasih kepada mba Nurin dan tim saya bisa bergabung dalam grup ini. Tujuan saya ikut gabung adalah bisa memperoleh pengetahuan tentang menulis, terutama untuk memenuhi target menulis dalam jabatan fungsional.

Seminar ini merupakan yang pertama kalinya semenjak dibentuk grup dengan narasumber Bapak Iswadi Kasubdit Analisis  BPS RI, sharing beliau tentang pengalamannya menulis opini dan Novel. Inti yang saya tangkap dalam seminar pertama adalah menulislah jangan takut. Tulisan itu ibarat lagu, misalnya dianggap kampungan tetapi mempunyai pasar sendiri mesti ada penggemarnya. Bisa juga diibaratkan Suaminya ganteng istrinya jelek, atau sebaliknya. Dia punya kelebihan sendiri terhadap penggemarnya. Demikian juga tulisan juga begitu punya penggemar sendiri.

Penulisan opini ada 4 segmen yang pertama adalah tulisan yg disampaikan orang orang no 1 yg pasti di muat, segmen kedua tulisan yg disampaikan orang orang penting walaupun kurang bagus pasti di muat, segmen ketiga tulisan bagus banget  oleh orang yg biasa saja dan segmen ke empat adalah tulisan yang cukup bagus penulisnya orang biasa juga.

Intinya dari seminar tersebut yang saya tangkap adalah lakukankan sesuatu yang bermanfaat walau sekecil apapun, melalui tulisan kita bisa memberikan sesuatu yang bermanfaat untuk orang lain. Tulisan juga merupakan ladang amal yang bisa mengalir diakhirat kelak. Tulislah sesuatu yang bisa kita kuasai, jika ada kritikan hadapi karena orang yang mengkritik itu ada yang memang dia tidak tau dan pingin tau, dan ada juga yang ingin meluruskan pendapat kita. Jadi jangan takut untuk menulis.

#PerempuanBPSMenulis
#MenulisAsyikdanBahagia
#15HariBercerita
#Harike11


Tidak ada komentar:

Posting Komentar